Tugas 1 - Rekayasa Kebutuhan B
Studi Kasus Aplikasi Parkir Non-Tunai
Nama: Christian Bennett Robin
NRP: 05111940000078
Kelas: Rekayasa Kebutuhan B
Soal:
1. Deskripsikan aplikasi Sistem Parkir Non-Tunai.
2. Identifikasi User dan Stakeholder.
3. Tulis/gambarkan kebutuhan dari masing-masing user/stakeholder.
4. Tentukan aspek lain yang penting supaya aplikasi berjalan lancar.
Jawaban:
1. Aplikasi Sistem Parkir Non-Tunai, seperti namanya, merupakan suatu aplikasi untuk parkir yang tidak menggunakan tunai. Aplikasi tersebut menggunakan Kartu Debit/Kredit atau QR Code sebagai metode pembayaran. Aplikasi tersebut dikembangkan oleh Liquid Parking Technology.
Aplikasi ini sangat berguna khususnya di masa pandemi ini karena meminimalisir kontak langsung. Namun tentunya hal ini dapat menimbulkan masalah baru, yaitu para pemilik kendaraan harus mempunyai Kartu Debit/Kredit atau Smartphone yang memadai agar bisa melakukan pembayaran via QR Code; jika mereka tidak mempunyai hal tersebut, mereka tidak akan bisa membayar parkir.
2. Pihak yang terlibat dalam hal ini adalah sebagai berikut:
User: Pengendara kendaraan, Admin
Stakeholder: Pemilik Parkiran
3. Kebutuhan masing-masing pihak yang terlibat adalah sebagai berikut:
Pengendara Kendaraan:
- Mendapatkan lahan parkir
- Mendapatkan keamanan untuk kendaraannya
Admin:
- Mengelola data parkiran
Pemilik Parkiran:
- Mendapatkan laporan biaya parkiran
- Mendapatkan uang hasil parkiran
4. Aspek-aspek lainnya yang penting agar aplikasi dapat berjalan dengan lancar adalah sebagai berikut:
- Smartphone yang memadai
- Lahan parkir yang luas dan aman
- Jaringan internet yang memadai
Comments
Post a Comment