Tugas 5 - Rekayasa Kebutuhan

Uber Rides

Uber Technologies Inc. adalah perusahaan jaringan transportasi asal San Francisco, California, yang menciptakan aplikasi penyedia transportasi yang menghubungkan penumpang dengan supir kendaraan sewaan serta layanan tumpangan langsung. Aplikasi Uber sendiri menyediakan berbagai macam layanan, seperti layanan taksi online, ojek online, pemesanan makanan, pengiriman paket, hingga layanan penyewaan kendaraan. Pada aplikasi Uber, setelah pengguna memesan layanan, terdapat fitur untuk mengirim pesan teks kepada pengemudi dan juga pengguna dapat melacak lokasi kendaraan yang telah pesanan oleh pengguna.


Tujuan Uber

Uber sendiri memiliki tujuan untuk menjangkau setiap daerah yang ada di dunia dan menghubungkannya melalui sektor transportasi.

Tujuan sebagai visi dan misi Uber dapat dijabarkan sebagai berikut:

1. Meningkatkan kualitas hidup 
2. Selalu Tersedia bagi setiap pelanggannya
3. Menciptakan peluang baru
4. Menciptakan Uber yang dapat diandalkan

Cara Kerja Uber

Aplikasi Uber dapat diakses melalui smartphone untuk menikmati layanan-layanan yang ada pada aplikasi Uber. Pengguna menyiapkan profil pribadi yang mencakup data nama, nomor telepon, preferensi pembayaran, dan informasi lainnya. Untuk metode pembayaran, Uber menyediakan beberapa preferensi pembayaran, terdapat beberapa opsi seperti sistem pembayaran e-niaga, kartu kredit, dan tunai. Selain itu, aplikasi juga memberikan opsi bagi pelanggan yang ingin memberikan tip setelah layanan selesai.


Dalam hal pemberian layanan kepada pelanggan, Uber menentukan biaya dan persyaratan untuk pengemudi yang mengangkut penumpang. Di sini, perusahaan mengambil bagian dari setiap ongkos. Penetapan harga layanan ditetapkan secara dinamis.


Tarif yang ditetapkan Uber bisa saja fluktuatif tergantung pada pasokan dan tingkat permintaan. Ketika pasokan terbatas, namun tingkat permintaan layanan tinggi, maka tarif akan ditentukan lebih tinggi.


Pelanggan akan mendapatkan informasi mengenai tarif lebih dulu dari pengemudi. Hal ini dimaksudkan agar pelanggan bisa memutuskan untuk tetap menggunakan layanan atau membatalkan setelah mengetahui tarifnya.


Status pengemudi (driver) dalam layanan Uber bukanlah sebagai karyawan perusahaan, melainkan mitra atau kontraktor independen. Untuk memberikan layanan, driver menyediakan kendaraan sendiri, baik milik pribadi atau sewa.


Pengguna dapat mengorder layanan yang dibutuhkan melalui aplikasi Uber. Secara otomatis aplikasi akan memberikan rincian informasi pesanan termasuk biaya layanan. Jika pengguna melanjutkan pesanan, aplikasi akan mencarikan driver untuk merealisasikan pesanan tersebut.


Stakeholder Uber


  • Tim Pengembang (Developer)

    • Project Manager

    • Business Analyst

    • UI/UX Designer

    • Quality Control 

    • Product Owner

    • Database Admin

    • Quality Assurance Tester

 

  • Karyawan Organisasi Uber

 

  • Mitra Restoran Uber


  • Pelanggan Uber

 

  • Mitra Pembayaran Uber


Kebutuhan Fungsional


  1. Pengemudi (Driver) Uber

    1. Melakukan Pendaftaran sebagai pengemudi.

    2. Menerima uang tip secara penuh dari pengguna.

    3. Menerima rating dan ulasan dari pengguna.

    4. Menghubungi dan terkoneksi dengan pengguna.

    5. Menerima pesanan atau melakukan pembatalan order apabila terkendala. 

    6. Melihat total pemasukan yang telah didapatkan hari ini serta menarik saldo pemasukan yang telah didapat.


  1. Pengguna Uber

    1. Mendaftar sebagai pengguna pada aplikasi.

    2. Melakukan pemesanan pada aplikasi.

    3. Melakukan pembatalan pesanan baik berupa jasa maupun makanan.

    4. Memberikan rating serta ulasan tentang pelayanannya.

    5. Mendapatkan metode pembayaran yang variatif.

    6. Menggunakan promosi yang disediakan oleh Uber.

    7. Melihat daftar transaksi yang pernah dilakukan.


  1. Mitra Restoran Uber

    1. Mendaftarkan restoran sebagai mitra usaha dan mendapatkan keuntungan seperti promosi.

    2. Mendapatkan / mengambil uang keuntungan usaha.

    3. Menerima pesanan dari pengguna Uber.

    4. Menambahkan dan menghapus menu yang tersedia.


  1. Mitra Pembayaran Uber

    1. Sistem dapat memberikan keuntungan dari tiap pembayaran menggunakan metode yang diasosiasikan dengannya.

    2. Sistem menyediakan layanan yang memberikan kemudahan untuk berkomunikasi dengan pihak Uber dan menerima laporan pendapatan.



Kebutuhan Non-fungsional

  1. Sistem selalu tersedia 24/7 dan memiliki latency yang rendah.

  2. Sistem menyediakan pembayaran dengan mata uang yang sesuai dengan negara tempat dipesannya.

  3. Sistem menyediakan layanan yang konsisten dan cepat seiring bertambahnya jumlah pengguna.

  4. Sistem menampilkan lokasi pengemudi yang presisi kepada penggunanya dan berlaku sebaliknya.

  5. Sistem menyediakan fitur seperti chat dan telepon sebagai komunikasi terkoneksi antara pengemudi dan pengguna.

  6. Sistem harus menyediakan pembayaran yang variatif dan mudah digunakan.

Comments

Popular posts from this blog

ETS - PBKK A

Tugas 9 - Pemrograman Berbasis Kerangka Kerja